APLIKASI SI JARIK SPENDA

Kebutuhan aplikasi database yang dapat mengelola data dan informasi sekolah, manajemen sekolahan, dan konten-konten pengajaran dan pembelajaran dalam suatu lembaga pendidikan perlu diciptakan akan terjalin jaringan yang sitematis dan dapat diakses oleh segenap user yang membutuhkan. Dengan adanya akses database yang siap kebutuhan untuk menyediakan laporan- laporan dari sekolah secara cepat dan valid. Sistem Informasi Manajemen sekolah adalah konsep manajemen sekolah menggunakan IT merupakan konversi manajemen sekolah secara manual ke Sistem manajemen sekolah berbasis program komputer (database) dimana proses manajemen data akademik dan data pendukung akademik secara mudah, cepat dan efisien. Dalam hal ini, agar memudahkan dan mengintegrasikan administrasi pembelajaran dengan IT sehingga meningkatkan kualitas SIM sekolah dan meminimalisir penggunaan kertas keberadaan sarana Aplikasi administrasi pembelajaran di sekolah menjadi sangat penting untuk diperhatikan.

Administrasi Pembelajaran SMP Negeri 2 Kota Mojokerto hingga saat ini menggunakan kertas untuk jurnal, presensi, izin, pelanggaran siswa di sekolah, sehingga tidak efisien dalam penggunaan kertas. Atas dasar permasalahan tersebut maka SMP Negeri 2 Kota Mojokerto berupaya membuat suatu aplikasi untuk memfasilitasi guru terhadap administrasi pembelajaran. Tim Pengembang SMP Negeri 2 Kota Mojokerto merancang program untuk pembuatan aplikasi sistem administrasi pembelajaran di sekolah.

SIJARIK SPENDA hadir untuk Mewujudkan program Go Green di lingkungan SMP Negeri 2 Kota Mojokerto dengan cara Menyediakan sarana administrasi pembelajaran yang mobile dan paperless.

SI JARIK SPENDA adalah Akronim dari Sistem pembelajaran berbasis TIK SMPN 2. SI JARIK SPENDA ini adalah suatu aplikasi inovasi dari SMPN 2 Mojokerto yang dibuat dengan tujuan untuk memudahkan para guru untuk melakukan pencatatan administrasi pembelajaran. SIJARIK SPENDA merupakan sebuah aplikasi sistem operasi android yang di dalamnya terdiri dari dua fitur utama. Fitur yang pertama adalah kelas digital yang berisikan fitur yang dapat digunakan guru untuk mengisi jurnal kelas setiap harinya dan mengisi presensi rapat. Fitur yang kedua adalah fitur yang digunakan untuk administrasi siswa. Didalam Administrasi siswa terdapat fitur-fitur diantaranya form izin siswa, baik itu izin terlamabat, izin keluar, atau izin pulang. Ada juga fitur point pelanggaran dimana dapat mencatat pelanggaran yang dilakukan siswa dan tersimpat di data pelanggaran. Kedepannya juga akan diberikan fitur presensi siswa yang terintegrasikan dengan kartu pelajar siswa yang berisikan chip untuk dapat absensi secara elektronik menggunakan kartu pelajar pada setiap harinya saat masuk sekolah.

Leave a Reply