Sumpah Bang Jai

Sudahkah kamu pilah sampahmu hari ini? Spenda punya giat baru nih, namanya Sumpah Bang Jai, Sulap Sampah dengan Lubang Ajaib. Apa itu Sumpah Bang Jai ? SUMPAH BANG JAI dirancang dan dibangun berbasis ramah lingkungan. Inovasi ini memanfaatkan sumber daya yang ada di sekolah menggunakan tempat sampah yang berbentuk lubang untuk sampah anorganik dan 1 lubang pembuangan untuk sampah organik. Lubang pembuangan sampah organic berjumlah satu dengan diameter 80 cm dengan kedalaman ±3 m dan memiliki penutup yang bisa ditarik. Sedangkan lubang pembuangan sampah anorganik berbentuk tempat sampah balok yang penutupnya dimodifikasi menggunakan bentuk lubang dan diletakkan di depan ruangan kelas. Semua warga sekolah turut berpartisipasi dalam inovasi ini. Siswa, guru dan warga sekolah yang lain berperan dalam memilah sampah. Siswa juga berperan dalam membuang sampah organic ke dalam lubang pembuangan sampah organic. Petugas Kebersihan Sekolah berperan dalam menjual sampah daur ulang (anorganik) ke bank sampah. Sisa sampah yang tidak dapat dimanfaatkan menjadi pupuk ataupun dijual akan dibuang ke TPA.

Inovasi “ SUMPAH BANG JAI “ ini sudah dilaksanakan dan berdampak positif bagi lingkungan sekolah. Inovasi ini menjawab permasalahan pengelolaan sampah yang belum maksimal di sekolah. Inovasi ini juga menumbuhkan kesadaran bagi warga sekolah terutama siswa dalam memilah dan membuang sampah. Inovasi ini jarang dibuat di sekolah atau lingkungan perkotaan yang seringkali memiliki keterbatasan lahan. Bentuk tempat pembuangan sampah yang unik yakni lubang lingkaran menjadi ciri khas dari inovasi ini.

Nah, biar kegiatan pilah sampah di sekolah berjalan lancar, SMPN 2 mengadakan kegiatan pelatihan untuk para kader yang dilaksanakan pada tgl 28 Februari 2023 dengan Pak Tokoh dari Wehasta salah satu Bank Sampah yang ada di Jawa Timur.

Buku Panduan “Sumpah Bang Jai” : BUKU PANDUAN SUMPAH BANG JAI

Leave a Reply